Buku untuk Indonesia

Selamat hari buku nasional. Sudahkah readers baca buku hari ini? Oh ya, sebenernya sih ini acara kemarin ya. Aku telat update aja. Hehe.

Menurut readers buku tuh penting ga sih? Penting lah ya pastinya. Ya meski jaman udah berkembang, teknologi semakin berkembang, info apapun bisa kita dapet dari internet tapi gimanapun juga baca buku itu penting loh. Bahkan untuk adik-adik di daerah yang jauh dari kota dan di sekolahnya tuh perpustakaannya ga lengkap buku-bukunya. Ya aku pribadi sih mungkin lebih suka baca novel gitu sih, tapi ga menutup kemungkinan aku suka baca buku yang lain. Aku suka baca, bahkan kalo di jalan nama-nama toko atau apapun aku baca. Haha.

Jadi ceritanya kemarin itu ada orang share di instagram tentang donasi buku buat anak-anak di Kalimantan, yang share sih ya aku kenal dia kakak tingkat aku. Tanpa pikir panjang aku langsung hubungin orangnya buat tanya buku yang bisa didonasikan buku apa aja, dan katanya buku apa aja bisa didonasikan. Dan aku langsung berfikir buat kasih buku bacaan. Terus kemarin, aku pergi ke toko buku ya karna buku-buku aku waktu SD ada di rumah jadi ribet kalo mau minta dipaketin. Awalnya nemu buku cerita gitu tapi terus aku nemu majalah Bobo, ini tuh majalah kesukaan aku banget waktu SD. Haha. Tiap kamis nungguin mas yang jual koran gitu lewat rumah cuma buat beli majalah Bobo. Apalagi kalo lagi edisi ‘bonus’ wah seneng deh pokoknya. Di rumah stoknya banyak, sempet beberapa aku donasiin ke kakak kelas aku waktu SMA dan sisanya masih ada dua kardus di rumah. Pokoknya aku langsung beli aja beberapa majalah Bobo. Aku mikirnya karna di majalan anak ini tuh ga cuma sekedar bahan bacaan biasa, di sini isinya bener-bener jendela dunia deh buat anak-anak. Ga cuma ada cerpen, isinya tuh ada informasi tentang hal-hal di Indonesia bahkan di dunia juga, dan ada juga kayak soal-soal mata pelajaran matematika dan lainnya buat anak SD kelas satu sampe enam. Dengan gambar yang menarik dan bahasa yang pas buat anak-anak ini tuh cocok banget buat aku donasiin. Oke, setelah beli aku kasihin deh ke kakak tingkat aku itu. Dan malah dia bilang: “makasih ya dek, kamu tuh bukan orang Kalimantan tapi peduli sama Kalimantan.” 

Bukan karena aku kenal sama kakak tingkat itu, bukan karena apa deh, tapi karena aku pingin anak-anak itu bisa rasain apa yang aku rasain. Rasanya baca buku itu asik, bikin seneng, dan nambah wawasan. Bahkan dulu aku pernah punya cita-cita bikin perpustakaan di rumah. Sempet terjadi sih, cuma ga bertahan lama karena buku yang aku punya sedikit dan paling pengunjungnya tetangga rumah. Haha. Ya mungkin ga sekarang, tapi nanti akan terwujud. 

Oh ya aku berterimakasih buat orang-orang yang melakukan hal-hal kebaikan seperti share di sosial media atau manapun. Dan ini tuh berpengaruh buat orang-orang yang punya simpati dan empati, pasti mau bantu. Dengan share info aja udah membantu sesama loh. Jadi kalo punya info apa dan itu ga hoax di share ya, untuk Indonesia setidaknya kita peduli sesama.

Iklan